Mr. Info
Penyakit batu empedu termasuk salah satu gangguan kesehatan yang sering menyerang masyarakat. Namun, tak sedikit penderita awalnya mengira sakit yang dideritanya hanya gangguan pencernaan biasa seperti maag. Sebab penyakit ini juga ditandai gejala nyeri di bagian ulu hati.
Cara pencegahannya yaitu:
Hindari makananan tinggi lemak
Untuk menghindari terjadinya batu empedu kurangi mengonsumsi tinggi lemak, misalnya goreng-gorengan. Karena lemak merangsang kandung empedu untuk membentuk batu. Perbanyak buah dan sayur.

Hindari kegemukan
Kegemukan mempunyai resiko menderita batu empedu lebih tinggi dibandingkan dengan tidak kegemukan. Karena itu hibdari kegemukan. Bila sudah terlanjur gemuk, turunkan hingga mencapai berat badan ideal.

Hati-hati bila memiliki riwayat keluarga penderita
Mereka yang keluarganya ada yang menderita batu empedu harus lebih berhati-hati, sebab beresiko menderita serupa. Kurangi mengkonsumsi makanan tinggi lemak.

Tidak banyak anak
Sering hamil menyebabkan perubahan hormon yang membuat kontraksi empedu lambat. Hal itu menyebabkan cairan empedu mudah mengendap dan membentuk batu.

Rutin olahraga
Perlu olah raga secara rutin. Dengan olahraga lemak-lemak tubuh akan terbakar sehingga mengurangi resiko terbentuknya batu empedu.